Tentang perbedaan kursus sablon kaos manual kami jika dibandingkan dengan  tempat kursus sablon lainnya. Berikut adalah salinan wawancara antara salah seorang adik mahasiswa yang mengadakan studi banding ke CV Margo Kaos beserta rombongannya pada pertengahan tahun 2013 dengan Bapak Heksa Agus S selaku pemilik dan pengelola CV Margo Kaos Yogyakata.

Perbedaan Kursus Sablon Kami

Tanya (T) : Ada yang menarik bagi Kami dalam melihat tempat kursus sablon kaos manual ini, yaitu antrian yang selalu panjang dan masih banyak yang mau juga menunggu-nunggu begitu lama untuk bisa belajar disini, apa sebetulnya kelebihan tempat kursus ini ?

Jawab (J) : Kita tidak usah pakai istilah kelebihan, tetapi perbedaan saja ya … biar tidak terkesan bahwa kita lebih baik dari yang lainnya.

(T) : Baik Pak, apa perbedaannya ?

(J) : Kalau bicara tentang perbedaan tentu saja sangat banyak sekali, terutama dalam hal konsep dan methode yang digunakan, kursus sablon ini saya buat sebagai bentuk jawaban atas kekecewaan banyak pihak (termasuk saya) terhadap tempat kursus sablon yang sudah ada. Dari situlah kemudian muncul ide tentang sistem “on job” dan “full praktek” serta “merasa di workshop sendiri” yang sangat diminati peserta sampai mau ngantri sekian lama. Dan yang jelas kami bukan toko sablon dan tidak jualan bahan sablon seperti beberapa tempat kursus sablon lainnya, sehingga calon peserta tidak perlu kuatir akan dibuat ketergantungan dan diarahkan untuk memakai produk tertentu.

(T) : Oh jadi istilah “on job ull praktek serasa di workshop sendiri” itu bukan 1 rangkaian kalimat tapi berdiri sendiri-sendiri ya Pak

(J) : Iya benar, “on job” diartikan sebagai kursus yang langsung mempraktekan materi materi seperti halnya kalau kita menerjakan order dari konsumen nantinya. Kemudian “full praktek” diartikan bahwa disini bukan tempat peserta nonton instrukturnya praktek, kursus ya praktek sendiri kalau cuma mau nonton ya nggak usah kursus, yang kebangetan kalau ada tempat kursus yang lebih banyak menyuruh peserta nonton dia nyablon daripada meminta pesertanya belajar nyablon ini yang paling banyak ditemui saat ini. Lebih dari 20 orang peserta disini adalah “korban” dari tempat-tempat yang begini ini, kursus 1 sd 1,5 juta cuma 2 hari dibilang siap buka usaha ha ha ha … gawat dach.

(T) : Kalau tentang “merasa di workshop sendiri” itu bagaimana Pak ?

(J) : Saya tanya ya mas … dimana ada tempat kursus sablon yang Anda bisa praktek mulai habis sholat subuh sampai jam 20.00 malam dan bisa menggunakan fasilitas komputer sampai lepas jam 12 malam ? silahkan Anda cari di seluruh Indonesia, dan saat ini mungkin hanya ada disini yang seperti itu. Fasilitas itu sengaja kami berikan dan tempat ini juga kami desain sedemikian rupa agar teman teman peserta kursus merasa di workshopnya sendiri.

(T) : Wah … begitu ya Pak … terjawab sudah rasa penasaran saya Pak he he he … terima kasih banyak Pak atas penjelasannya.

(J) : Sama sama mas, kapanpun ada pertanyaan seputar usaha ini silahkan ditanyakan saja, sekarang gantian yang lain dulu ya …

Berikut kurang lebih hasil tanya jawab antara Bp. Heksa Agus S dengan salah satu peserta studi banding di CV Margo Kaos beberapa waktu yang lalu. Dari jawaban jawaban singkat ini sebetunya sudah cukup bisa menjelaskan tentang perbedaan kursus sablon kaos MK dengan yang lainnya.

Untuk kembali ke pilihan kursus sablon kami silahkan KLIK pada tulisan HOME pada bagian atas website ini, terima kasih atas kunjungannya.

(Admin – Sulis)

Cara memilih tempat kursus

Hasil wawancara lainnya adalah tentang cara memilih tempat kursus sablon kaos manual, silahkan simak tulisan singkat berikut ini,

(T) : Kualitas kursus sablon kaos manual tidak diragukan lagi, kami telah melihatnya sendiri, pesertanya pun datang hampir dari seluruh tempat di Indonesia, kebetulan tadi sempat ngobrol dengan mas Edo dari Manukwari, yang ingin kami tanyakan adalah bagaimana jika ada yang tidak cukup punya biaya untuk datang ke Jogja tetapi ingin ikut kursus sablon kaos manual Pak ? Apakah ada tips khusus dalam memilih tempat kursus ini ?

(J) : Intinya kursus sablon kaos manual tidak harus di MK, Anda bisa kursus dimana saja, pilih yang terdekat dengan Anda, tetapi ada beberapa hal yang tidak boleh Anda lupakan sebelum mengikuti sebuah kursus sablon ini dan ini sudah saya tulis di blog saya sablon manual dot com

(T) : Kami akan membacanya Pak, tapi bisakah diberikan gambaran singkatnya sedikit he he he … maaf ya Pak

(J) : OK gak apa apa saya tahu kalian males membaca he he he bercanda ya … jangan dimasukan hati, OK kita bahas sedikit, pertama adalah tentang biaya, jangan cuma dilihat globalnya saja tapi detailnya juga, contoh ditempat A kursus sablon biayanya Rp. 1.250.000,- ditempat B Rp. 2.500.000,- sekilas tampak murah ditempat A bukan ?!! selisihnya 50% tetapi cek dulu detailnya jangan buru-buru daftar.

(T) : Yang dimaksud cek detailnya itu bagaimana Pak ?

(J) : Loh koq bagaimana he he he ya kamu tanyakan dong itu biaya segitu materinya apa saja ? satu angkatan berapa peserta ? jumlah jam tatap mukanya berapa ? dan lain-lain baca dech artikel saya di blog, intinya adalah kalau biaya Rp. 1.250.000,- cuma 2 hari dan lebih banyak nonton intrukturnya nyablon atau prakteknya gantian sama yang Rp. 2.500.000,- selama 12 hari, materi super lengkap dan ada pendampingan kamu milih mana dach ha ha ha … baca baca jangan males baca

(T) : he he he OK dech Pak ntar kita baca baca dulu, … terima kasih ya Pak, oh iya, apakah cara memilih kursus ini juga bisa dipakai untuk yang lainnya. Misalnya kita mau kursus internet marketing gitu atau mungkin masak-memasak ?

(J) : Sama-sama mas, cara memilih tempat kursus sablon kaos manual bisa dipakai juga untuk memilih tempat kursus selain sablon, jadi bisa di share juga ke teman teman kalian OK

(Admin – Imam)

Peserta kursus

Kenapa banyak sekali peserta disini yang sebelumnya pernah kursus ditempat lain dan sudah punya usaha sablon di rumah, apa yang mereka cari disini, bukankah materi kursus sablon kaos manual dimanapun sama saja ? silahkan baca kutipan wawancara lainnya berikut ini.

(T) : Sebagaian teman-teman disini sebelumnya pernah kursus ditempat lain, bahkan ada yang sudah mulai usaha sablon di rumah, lalu kenapa mereka mengulanginya lagi dengan kursus disini Pak ?

(J) : Salah satu penyebabnya karena mereka tidak mengikuti saran kami tentang cara memilih tempat kursus sablon kaos manual, ada sebagaian yang hanya tergiur harga yang DIANGGAP MURAH dan nama besar penyelenggaranya saja, misal suplier tinta sablon dan lain-lain.

(T) : Bukankah lebih enak Pak, kalau belajar langsung ke penjual bahannya, kenapa masih ada yang kebingungan ?

(J) : Dari sisi product knowledge mungkin iya, tetapi dengan materi yang sedemikian banyak ini rasanya sangat berat kalau hanya dipelajari dalam waktu 1 atau 2 hari dan lebih banyak jadi penonton dan pendengar daripada praktek, coba Anda bayangkan ??? 12 variasi sablon dengan segala persoalannya harus Anda kuasai untuk persiapan usaha dalam waktu sedemikian singkat mungkin atau tidak. 2 hari lo mas … bayangkan saja.

(T) : Hanya itu ya Pak ?

(J) : Lohhh … jangan bilang hanya itu dong ha ha ha itu poin terpentingnya … praktek … praktek … praktek

(T) : Iya Pak maaf he he he … maksud saya penyebab lainnya masih adakah selain itu ?

(J) : Banyak mas, salah satunya adalah, mereka belajar sablon ini untuk buka layanan jasa sabon kaos manual, bukan untuk buka toko bahan sablon jadi kalau belajarnya dengan tekhnisi sablon sepertinya juga sedikit kurang pas he he he … mestinya ya belajar pada pelaku usaha sablon, kan gitu ??? hal lainnya adalah mereka terburu-buru dalam mengambil keputusan dan tidak detail melihat materi yang ditawarkan oleh tempat kursus sablon kaos lainnya. Jadi ketika ada 1 persoalan kecil saja, mereka sudah kebingungan menghadapinya, namun demikian ini bukan salah tempat kursus sablon lainnya tetapi salah dari peserta itu sendiri, … kenapa tidak teliti dalam membaca detail materi yang ditawarkan. Dan banyak lagi lainnya … bisa semalam suntuk ini mas kalau saya lanutkan he he he …

(T) : He he he … bener juga sih Pak ?!, baik saya kira cukup Pak dari saya

(Admin – Imam)

jadual kursus sablon