Berikut ini adalah sejarah singkat berdirinya CV Margo Kaos Yogyakarta yang disampaikan oleh Bp. Heksa Agus S dalam sebuah wawancara beberapa waktu yang lalu,

Sejarah berdirinya CV Margo kaos? Dimulai kapan ? Alasan tertarik di usaha ini kenapa Pak ?, Kaosnya Berbahan apa saja ? Ide nya dari mana?

Setelah jatuh bangun diberbagai bidang usaha yang saya rintis sebelumnya (bengkel bubut, dll) akhirnya saya mencoba peruntungan baru dibidang sablon kaos manual.

CV Margo Kaos saya dirikan pada November, 2009 , waktu itu belum menggunakan nama Margo Kaos tetapi Indieshirt. Barulah pada bulan Mei, 2010 saya ganti nama dengan Margo Kaos.

Sama halnya dengan bisnis dibidang kuliner, bisnis dibidang fashion ini tidak ada matinya menurut saya untuk saat ini dan beberapa tahun kedepan, apalagi dibidang jasa sablon kaos manual ? Sebagian besar kaos yang kami produksi berbahan katun dan polyester atau dikenal dengan kaos PE.

Ide awal usaha ini muncul ketika salah satu teman seangkatan saya di sebuah komunitas bisnis bisa sukses dalam bisnis kaos distro, dan dia selalu mengeluhkan tentang vendor yang tidak bisa menyuplai kebutuhan dia dan juga teman temannya, dari situ saya simpulkan bahwa bisnis dibidang sablon kaos manual ini masih sangat potensial untuk digarap.

Lalu kalau boleh tahu, Modal awal yang dikeluarkan untuk mendirikan Margo kaos berapa pada saat itu? Modal tersebut digunakan untuk apa saja Pak ?

Kalau bicara soal modal, modal awal saya sangat kecil waktu itu karena saya pada keadaan minus. Saya hanya memanfaatkan barang barang yang sudah ada seperti komputer, printer, modem dan lain-lain. Sedang untuk peralatan sablonnya saya waktu itu mendapatkan pinjaman dana dari seorang sahabat sebesar Rp. 7.500.000,-

Dari dana itu saya pergunakan untuk sewa tempat Rp. 2.000.000 ukuran 2 m X 4 m dan selebihnya untuk membeli alat dan bahan secukupnya serta kas, dan ini saya lakukan setelah usaha ini berjalan (ada order).

Konsep awal usahanya seperti apa sih Pak? Lalu awal mendirikan di mana Pak alamatnya ? Sekarang sudah punya berapa cabang milik sendiri dan Mitra tersebar dimana saja?

Jujur saya sampaikan bahwa awalnya saya memilih untuk menjadi broker atau maklar dulu, saya tidak punya unit produksi pada awalnya. Saya hanya memasarkan layanan jasa dan pembuatan kaos sablon manual ini melalui komunitas komunitas bisnis yang saya ikuti. Setelah kurang lebih 4 bulan berjalan saya baru mulai mendirikan unit produksi sendiri, dan sedikit demi sedikit saya kembangkan sampai saat ini.
Awal berdirinya Margo Kaos ini di desa Jatimulyo, Kricak, Yogyakarta.

Saat ini kita untuk Margo Kaos (MK) sendiri ada di 3 tempat, yaitu MK1 di ngasem, khusus untuk prduksi kaos, MK2 di Sorosutan khusus untuk penerimaan order dan tempat pelatihan bagi mitra dan MK3 di Saman yang kami fungsikan hanya untuk gudang dan pemasaran online.

Untuk mitra nanti saya jelaskan tersendiri melalui link ini. Silahkan KLIK DISINI